headerphoto

Mengidentifikasikan Masalah

by Prasetyo W.Wijaya

Tujuan dari langkah ini adalah mengetahui gambaran besar masalah yang sedang kita hadapi. langkah ini sangat penting, karena membantu kita untuk tetap fokus dalam masalah yang kita hadapi. Dengan tetap fokus, pikiran kita akan selalu tertuju dengan penyelesaian masalah. Segala macam hal yang berkaitan dengan masalah akan muncul dalam pikiran kita. Mulai dari berbagai macam teori, mulai dari faktor-faktor penyebabnya sampai dengan alternatif solusi. Informasi yang muncul ini akan membantu kita dalam mendesain metodologi kita.

Untuk mengetahui gambaran besarnya, kita harus mengetahui 3 hal, yaitu

1. Masalahnya apa?

Kita harus mengetahui, sebenarnya masalah yang kita hadapi itu masuk dalam ranah yang mana? Apakah masalah pendidikan, kesehatan, hukum, manajemen bisnis, sosial ataukah industri? Kita harus tahu dengan detail, karena masing-masing masalah mempunyai karakteristik yang berbeda-beda sehingga perlu penanganan yang berbeda pula. Ibarat dokter, langkah pertama ini adalah diagnosa awal.

Karena hal inilah, kita sebagai statistikawan harus mengetahui berbagai cabang ilmu yang lain selain statistika. Kalau kita minat di statistika industri, kita minimal harus tahu filosofi dari industri. Kalau kita minat di statistika sosial, kita harus tahu beberapa poin pokok hubungan sosial masyarakat.

Jadi mempelajari metode statistika saja tidak cukup. Harus ditunjang dengan cabang ilmu yang lain juga. Tapi harus terlalu detail mempelajarinya, minimal filosofinya saja. Syukur-syukur bisa lebih mendalam

Setelah kita mengetahui ranah masalah yang kita hadapi, selanjutnya kita mencari tahu sebenarnya masalahnya mengenai apa? Apakah ingin membandingkan atau mengontrol proses atau memonitoring kinerja atau mencari hubungan atau meramal kondisi atau mengestimasi atau menemukan atau menggambarkan keadaan atau menilai performance atau mencoba hal yang baru.

Spesifikasi ini akan membantu kita dalam menentukan statistics tool yang akan kita gunakan nanti. Kita akan membahas panjang lebar tentang pemilihan statistics tools di artikel selanjutnya.

Jika ranah masalah dan jenis masalahnya mengenai hal apa sudah kita ketahui, kita lanjut dengan mengetahui latar belakang terjadinya masalah.

2. Latar Belakang masalah?

Mengetahui latar belakang terjadinya masalah akan membantu kita dalam merumuskan variabel di sub elemen yang kedua.

Latar belakang yang kita cari, cukup mengetahui asal usul terjadinya masalah secara detail.

Ingat, harus detail. Kalau tidak nanti tidak akan banyak membantu dalam proses mendesain metodologi kita. Kalau memungkinkan gambar diagram alurnya. Supaya kita lebih memahaminya.

Selain membantu kita dalam merumuskan variabel, mengetahui latar belakang juga membantu kita dalam memahami manfaat dari terpecahkannya masalah ini.

3. Manfaat jika masalah terselesaikan

Setelah mengetahui latar belakang terjadinya masalahnya, yang terakhir adalah mengetahui manfaat jika masalah ini terselesaikan. Selain itu kita juga harus tahu akibat jika masalah ini tidak kita selesaikan dengan segera.

Dengan mengetahui manfaatnya, kita jadi mengetahui tingkat kepentingan dari masalah yang kita hadapi. dan juga konsekwensi yang akan kita tanggung jika kita gagal menyelesaikan masalahnya.

Selesai sudah tahapan kita dalam mengidentifikasi masalah yang kita hadapi. langkah selanjutnya adalah merumuskan variabel-variabel yang terkait.

<< kembali

0 komentar: