headerphoto

Profil Statistics Corner (SC)

Statistics Corner (SC) adalah sebuah organisasi sosial yang dibentuk oleh alumni dan mahasiswa Statistika ITS sebagai wadah berdiskusi dan berkarya dalam bidang penelitian dan pengembangan. Berdiri pada tahun 2007 di Taman Sigma Jurusan Statistika ITS.

Visi dari SC adalah sebagai wadah yang mampu menciptakan periset (researcher) kelas dunia. Kegiatan utama dari SC adalah melakukan berbagai macam riset dan pengaplikasian metode-metode statistik yang dipelajari di bangku kuliah. Dengan begitu anggota yang tergabung di dalan SC akan terasah pengetahuan dan pengalamannya di bidang riset.

SC menyadari perubahan jaman telah terjadi. Hal ini ditandai dengan adanya:

Gelombang baru globalisasi yang membuat dunia ini semakin datar. Dalam “The World is Flat” Thomas L Friedman mengatakan bahwa koneksi internet telah mengubah segalanya. Semua orang tidak perduli dari mana asalnya bisa terhubung untuk berkomunikasi satu sama lain. Arus informasi bergerak dengan kecepatan yang sangat cepat. Pada akhirnya merubah landscape bisnis secara global.

Bahaya pemanasan global mengancam kelangsungan hidup semua makhluk di muka bumi ini tak terkecuali manusia. Untuk mengatasi ini dibutuhkan banyak sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif untuk tetap produktif dengan mempertimbangkan masa depan planet bumi ini.

Kekuatan ekonomi diramalkan akan berpindah ke Asia. Kita hidup di Indonesia yang secara geografis terletak di Asia. Kita tak lama lagi akan menjadi pemain global. India, China, Korea Selatan, Singapura, Malaysia mulai berbenah-benah untuk menjadi pemain global. So, ready or not kita nanti akan bersaing dengan mereka. Jika kita tidak mempersiapkan diri, maka menjadi pemain di kelas dunia hanya sekedar mimpi.

Semoga dengan adanya SC akan mampu membantu mencetak periset-periset handal yang mampu berkiprah di pentas dunia.

0 komentar: