headerphoto

Kenali Filosofi Statistika terlebih dahulu

by Prasetyo W.Wijaya

Langkah pertama untuk mempelajari Statistika adalah mengenal filosofinya terlebih dahulu.

Memang ada filosofinya ya?

Di setiap cabang ilmu terdapat filosofinya masing-masing, termasuk statistika. Kabar baiknya, filosofi ini akan berfungsi sebagai pencerah jiwa saat kita akan mempelajari suatu ilmu, seperti statistika. Tapi kenapa sih, kita harus mengenali filosofinya terlebih dahulu? Penting ya?

Yup, penting banget. Ada 2 Alasan utama, kenapa kita harus mengenali filosofi terlebih dahulu.

1. Untuk mengetahui apa yang sebenarnya kita pelajari. Sama halnya jika kita bermain puzzle. Kita akan cepat menggabungkan pecahan puzzle jika kita mengetahui gambar puzzle yang sudah selesai seperti apa. Coba kalau kita tidak mengetahui gambar jadinya, pusing nggak? Harusnya jadi 10 menit malah 2 jam gak selesai-selesai.

Nah, coba kalau kita mengetahui gambaran besarnya statistika di awal-awal kita kuliah. Bisa jadi kita akan mempelajarinya dengan sangat cepat. Betul nggak ?

2. Untuk mengetahui tujuan dari pembelajaran statistika. Penting sekali untuk mengetahui tujuan pembelajaran kita. Ilustrasinya seperti kalau kita mau beli tiket pesawat terbang. Kira-kira pertanyaan apa yang pertama kali ditanyakan oleh kasirnya kepada kita? “tiket tujuan ke mana pak?” coba kalau kita tidak bisa menyebutkannya maka besar kemungkinan kita tidak akan dapat tiketnya. Betul nggak?

Dan juga mengetahui tujuan pembelajaran kita, maka kecil kemungkinan kita akan tersesat. Jalan kita akan semakin terarah. Dan yang terpenting kita jadi semakin fokus mempelajari tentang statistika. Kalau sudah fokus, semua informasi yang kita butuhkan untuk mempelajari statistika akan menghampiri kita seperti magnet.

Gimana, masih ragu untuk pentingnya mengetahui filosofinya terlebih dahulu? Atau malah nggak sabar mengetahui filosofinya statistika?

Untuk mengetahui filosofi statistika cukup mudah.

Pertama, kita cari dulu asal usul terbentuknya statistika.

kedua, kita cari manfaat terciptanya ilmu statistika itu sendiri.

Trus carinya dimana? Well, kita bisa baca-baca berbagai buku atau artikel yang terdapat di internet. Atau coba klik link dibawah ini
- statistik itu apa sih?
- statistik itu apa sih? (bagian 2)
- statistik itu apa sih? (bagian 3)

<< Kembali

0 komentar: