headerphoto

1st Element of statistics – Collecting Data

By Prasetyo W.Wijaya

Elemen pertama dari 4 elemen statistika adalah collecting data. Elemen ini adalah langkah statistika yang sangat penting. Di langkah awal ini, kita akan mendesain metodologi yang akan kita gunakan. Ibarat membangun rumah, elemen ini seperti pondasi. Kalau pondasinya tidak kuat, maka rumahnya akan cepat roboh.

Elemen collecting data terdiri dari 5 sub elemen, yaitu:

  1. Masalah – mengidentifikasi masalah
  2. Variabel – merumuskan variabel
  3. Statistics tool – merumuskan statistics tools
  4. Sampling – menentukan teknik sampling
  5. Pengumpulan data – mengumpulkan data variabel

Mengidentifikasi masalah saya taruh di awal sendiri, karena pengetahuan kita terhadap masalah yang kita hadapi sangat berpengaruh terhadap kualitas metodologi yang akan kita desain. Ingat filosofi statistika “ statistika itu ada untuk memecahkan masalah”.

Langkah selanjutnya adalah mengidentifikasikan variabel apa yang berhubungan dengan permasalahan yang kita hadapi. Setelah mendapatkan variabel kita baru menentukan statistics tools yang akan kita gunakan. Dalam menentukan statistics tools, kita tetap melihat permasalahan yang kita hadapi. Nanti kita akan membahasnya lebih lanjut mengenai hal ini.

Kemudian, kita menentukan teknik sampling untuk mengambil datanya. Dalam menentukan teknik samplingpun, kita masih melihat permasalahannya. Jadi kalau boleh saya katakan, tugas statistician paling berat adalah memahami permasalahan secara detail. Karena semua metode statistika yang kita gunakan, berpusat pada pemahaman kita terhadap permasalahan.

Setelah semuanya beres, masalah sudah dipahami, variabel sudah dirumuskan, statistics tools sudah ditentukan, teknik sampling sudah diputuskan. Barulah kita mengambil datanya.

Baiklah, artikel selanjutnya akan saya bahas satu persatu tentang sub elemen dari collecting data.

<< Kembali

0 komentar: