headerphoto

Statistik di Bidang Pertanian dan Iklim

Oleh : Rokhana D. Bekti

Aplikasi ilmu statistika memang sangat luas sekali. Salah satunya adalah di bidang pertanian dan iklim. Apa hubunganya dengan statistika..???

Ketika mengambil Tugas Akhir (TA) tentang panen padi aku lebih mengenal banyak tentang aplikasi statistika, diantaranya untuk peramalan dan permodelan.

BPS dan Deptan bekerjasama untuk melakukan pendataan produksi padi di Indonesia dan melakukan peramalan dan permodelan. Pendataan dan peramalan produksi padi tersebut dibagi dalam tiga subround atau periode yaitu Januari–April, Mei–Agustus dan September – Desember.

Luas panen padi ?? Luas panen merupakan luas tanaman yang diambil hasilnya setelah tanaman yang bersangkutan cukup umur dan sesuai dengan kriteria panen.

Luas panen padi si Indonesia sangat dipengaruhi oleh curah hujan. Namun karena beberapa kejadian ekstrim di alam seperti EL Nino dan La Nina, iklim di Indonesia menjadi tidak menentu dan berpengaruh langsung ke curah hujan. El-Nino adalah terkait dengan kejadian kekeringan sedangkan La-Nina terkait dengan kebanjiran. Peristiwa kekeringan tahun 1994 dan 1997 merupakan yang terburuk selama abad 20 yang menyebabkan luas pertanian di Indonesia yang mengalami kekeringan naik karena curah hujan yang tidak menentu sehingga mengakibatkan penurunan luas panen produksi padi nasional secara signifikan dan pemerintah kembali harus mengambil kebijakan impor

Oleh karena itu diperlukan suatu permodelan yang handal untuk mendapatkan peramalan luas panen padi. Model tersebut adalah model regresi antara luas panen padi dengan curah hujan. Metode estimasi parameter dapat dilakukan dengan OLS (Kuadrat terkecil). Namun karena adanya kejadian ekstim tersebut, timbul beberapa outlier. Sehingga diperlukan permodelan yang tidak peka atau tidak resistant karena outlier tersebut. Yaitu dengan metode regresi robust.

Tunggu Selanjutnya…..REGRESI ROBUST.

<< Kembali

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Mb Ro Nambahin ya, mungkin selain karena el nino n la nina juga dikarenakan serangan hama kaya wereng kalo gag salah sih,khan sangat berefek banget dalam kegagalan panen...