headerphoto

Siapkan Kemampuan Berbahasa Inggrismu

By Prasetyo W.Wijaya

Untuk sukses didunia kerja, salah satunya adalah harus bisa berbahasa inggris. Itulah alasan kenapa setiap wisudawan ITS harus mempunyai TOEFL minimal 450. so, nggak ada alasan untuk tidak belajar bahasa inggris bukan?

Malah mempunyai kemampuan berbahasa inggris, telah menjadi salah satu syarat untuk masuk kedalam perusahaan multinasional atau BUMN. Karena hubungan bisnis sekarang tidak hanya dengan orang Indonesia saja tapi dengan orang luar negeri yang nota bene berbahasa inggris. So kalau mau karirmu nanti makin cihuy aja, ya mulailah untuk menjadikan bahasa inggris sebagai bahasa kedua setelah bahasa Indonesia.

Manfaat yang bisa didapat saat masih mahasiswa

Mempunyai kemampuan berbahasa inggris tidak hanya bermanfaat saat kamu bekerja, tapi juga sangat bermanfaat bagi kamu yang masih berstatus mahasiswa. Simak, maanfaat yang bisa kamu peroleh :
  1. Sebagai pintu gerbang menuju pengetahuan tingkat dunia. Karena banyak buku-buku berkualitas diterbitkan dalam bahasa inggris. Di perpustakaan ITS dan ruang baca jurusan statistika ITS lebih dari 80 % bukunya berbahasa inggris. Wa rugi kan kalau tidak bisa membacanya? Di internet juga banyak menyediakan informasi terkait dengan studimu di statistika. Dan sekali lagi bahasanya juga bahasa inggris. Apa kita juga mau membuang peluang untuk mendapatkan informasi itu?
  2. Kamu bisa berkomunikasi dengan orang luar yang berbahasa inggris. Dengan berkomunikasi kamu juga bisa menambah networking (jaringan) yang luas. Hal ini bisa kamu gunakan untuk saling bertukar pengalaman dan ujung-ujungnya bisa menambah wawasanmu.
  3. Dengan berbahasa inggris, kamu bisa mempelajari software-software statistics dengan mudah. Karena petunjuk yang terdapat di software itu juga berbahasa inggris. Seperti minitab, spss, sas. Maple dll
  4. Kamu juga bisa mengikuti lomba debat dengan bahasa inggris. Di Lomba Mawapres juga ada penilaian untuk kemampuan kamu berbahasa inggris. Wah boleh juga tuch
  5. Dan yang terakhir kamu bisa lulus TOEFL dengan mudah. Jadinya tidak perlu kwatir lagi tidak bisa diwisuda.
Manfaat yang bisa didapat saat masuk dalam dunia kerja

Nah, sekarang kita membahas tentang manfaat yang bisa didapat di dunia kerja.
  1. Yang paling penting ne, kemampuan berbahasa inggris kamu bisa kamu gunakan untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi. He he, bukankah itu yang penting.
  2. Buat kamu yang ingin berkarir di perusahaan multi nasional atau kerja di perusahaan asing (PMA). Kemampuan berbahasa inggris menjadi mutlak untuk kamu kuasai. Karena kalau di PMA yang jelas bosnya berbahasa inggris, jadi bisa dibayangkan kalo kamu tidak bisa memahami instruksi yang diberikan bos. Nah trennya sekarang, perusahaan yang gede-gede itu mulai melirik pasar diluar negeri. Jadi hubungan bisnisnya dengan orang luar negeri juga. Buat kamu yang ingin menjadi manajer, atau supervisi kamu harus mulai mengasah bahasa inggrismu dari sekarang.
  3. Di dalam bisnis kita juga dituntut untuk menambah jaringan yang luas. Karena dengan jaringan yang luas, bisnis dapat terus berkembang dan melakukan ekspansi. Dengan kemampuan berbahasa inggris yang kamu miliki, kamu bisa mewujudkannya
Tips-tips

Sekarang waktunya untuk berbagi tips-tips mengasah kemampuan berbahasa inggris. SC beberapa waktu lalu berkesempatan mewawancarai Joehanna Suwondo, Dosen senior di Universitas Widya Kartika. Kami meminta beliau untuk membagikan tips-tips belajar bahasa inggris. Beliau mengatakan kalau ingin belajar bahasa inggris itu resepnya adalah “5P” yaitu : Practice, Practice, Practice, Practice dan Practice. (Practice = berlatih). Wah ternyata harus banyak berlatih. Tapi berlatih yang seperti apa? Simak tips-tips dibawah ini :
  1. Pertama yang perlu ditanamkan dalam pikiran kita adalah “jangan takut salah grammer saat ingin berbicara bahasa inggris”. Karena pada dasarnya bahasa adalah alat untuk berkomunikasi dengan orang lain. Jadi yang terpenting adalah kita bisa saling mengerti apa yang ingin kita utarakan. Karena memang bahasa inggris bukan bahasa ibu kita.
  2. Buatlah kelompok belajar dengan teman-temanmu. Disarankan untuk tidak lebih dari 5 orang. Supaya lebih enak dalam mengatur waktunya. Dari kelompok ini mulailah untuk ngobrol-ngobrol berbahasa inggris tentang masalah sehari-hari. Misalnya membahas topik ringan seperti jajanan enak di keputih atau acara di televise. Kalo pengen lebih seru kamu bisa ngegosip dengan berbahasa inggris. He he, . Kamu juga bisa membuat kegiatan sehari full berbahasa inggris. Tetapkan harinya, gak perlu setiap hari. Satu hari aja da cukup. Dan bikin peraturan kalau tidak berbahasa inggris bakal kena denda ntraktir soto di kantin pusat. Waktu English day ini, bebaskan dirimu dari perasaan takut gramer salah. Yang penting ngomong inggris. Mencoba membiasakan ngobrol berbahsa inggris.
  3. Melihat film berbahasa inggris. Supaya indera pendengaran kamu familiar dengan pengucapan kata-kata bahasa inggris. Disarankan untuk melihat film kartun keluaran dari Disney atau film yang ditujukan untuk anak-anak.
  4. Carilah fasilitas di ITS yang bisa membantumu supaya bisa meningkatkan kemampuan berbahasa inggrismu. Di Language Center (LC) ITS kamu bisa ambil kursus bahasa inggris. Di LMB juga terdapat semacam klub bahasa inggris. Kamu bisa bergabung dengan mereka.
  5. Buatlah semacam buku harian tentang kegiatanmu sehari-hari dalam bahasa inggris. Untuk melatih kemampuan menulis kata-kata bahasa inggris.
  6. Bacalah majalah berbahasa inggris atau novel-novel berbahasa inggris. Kegiatan ini bermanfaat untuk menambah perbendaharaan vocab-mu
  7. Chatting dengan orang bule. Nah ini kalo kamu yang hobi chatting. Masuklah di room yang membernya itu orang bule yang berbahasa inggris. Sekedar cuap-cuap aja. Kalau masih bingung mo ketik apa, kamu bisa bawa kamus waktu chatting.
Wa, kita berada di akhir artikel neh. Semoga bisa bermanfaat buat kamu-kamu. Dan SC doakan karirmu akan sukses di masa depan. Nantikan juga tips-tips yang lain.

<< Kembali      Menu

SC membagikan artikelnya secara berkala. So jangan sampai kelewatan, up date terus dengan artikel terbaru SC. Ayo berlangganan dengan memasukkan e-mail kamu di form disebelah kanan halaman web ini. Tidak dipungut biaya alias gratis.


     

1 komentar:

Anonim mengatakan...

tak hanya bahasa Inggris, Bung!!
tapi akan lebih expert lagi kemampuanmu jika bisa berbahasa Mandarin.
kenapa??

ada satu hal yang jadi latar belakang statement saya tersebut.
Ingat perekonomian dan Industri Negeri China mulai menggeliat dan banyak pakar ekonom di Indonesia yang memprediksikan bahwa Cina pada tahun 2020 bakal menjadi provider terdepan yang menguasai industri dan ekonomi mengalah Jepang dan AS. bahkan dari Cina pun berkoar tak sampai 2020, tapi 2012 mereka siap mengobrak-abrik dominasi AS dan Cina.

lantas Indonesia kapan??